Sunday 1 September 2019

Ngênani About Mengenai


Ngomong Nulis Basa Jawa adalah sebuah blog untuk belajar berbicara dan menulis dalam bahasa serta aksara Jawa. Blog ini lebih fokus kepada pembelajaran dari bahasa Jawa itu sendiri. Blog ini dapat berisi beberapa hal seperti  paramasastra (tatabahasa), pratelan têmbung (daftar kata), dan hal lain yang berkaitan.

Di samping blog ini, ada blog organisatif bernama Bebrayan Basa lan Aksara Jawa yang dapat Anda klik dan berisi ajakan dan kegiatan bersama yang merupakan visi dan misi untuk penggunaan serta revitalisasi kembali bahasa Jawa di lingkungan sekitar kita terutama di tempat-tempat pemukiman atau perkumpulan orang Jawa.

Ada juga blog lain yaitu Bausastra Inggris Jawi dengan entri Inggris dan terjemahan Jawa, Bausastra Indhonesiyah Jawi dengan entri Indonesia dan terjemahan Jawa, dan Bausastra Jawi Alit dengan entri Jawa, keterangan Jawa, dan terjemahan bahasa lain. Apakah perbedaannya? Perbedaannya ialah pada sudut pandang dari asal bahasa yang menjadi entri sebab tidak semua kata asal bahasa yang menjadi entri memiliki padanan satu kata pada terjemahan entri namun tetap dapat diterjemahkan dengan keterangan tertentu.

Terdapat juga blog artikel berupa berita yaitu Pawarta Jawi Alit, Blog Warna-Warni Basa Jawi (aksara Latin), dan Blog Aksara Jawa

Dan yang terakhir, terdapat Direktori Jawa yang saat ini masih berisi gambar untuk memudahkan penemuan gambar yang relevan saat mencari kata di Google dengan bahasa Jawa dalam aksara Jawa maupun Latin.

Nah, saya juga turut mengajak teman-teman untuk dapat berpartisipasi dan menjadi sukarelawan untuk dapat mengembangkan bahasa Jawa dalam banyak media, dari kita dan untuk kita tentu saja :) Apabila tertarik dapat mengirimkan karya berupa:
1. Daftar kata dalam bahasa tertentu
2. Cerkak (cerpen), dsj
3. Artikel bebas
4. Ide untuk isi direktori dsj.

kepada myjavaneseblog (at) gmail (dot) com

Dapat juga berkomunikasi dengan saya melalui twitter resmi di (at) Java63422941

Untuk blog, tentu saja dapat melakukan permintaan untuk menjadi rekan blog. Selain itu, apabila Anda sudah memiliki blog sendiri sebelumnya yang berisi tentang bahasa Jawa atau mengetahui salah satunya dapat menyerahkan link terkait ke kolom komentar untuk dibuatkan daftar sumberdaya bagi bahasa Jawa.

Terimakasih atas perhatian dan partisipasi teman-teman :)

Wilujêng, basa Jawa!


N.B: apabila hendak mengetahui daftar proyek apa saja yang sedang atau harus dikerjakan dapat mengklik Daftar Proyek.

No comments:

Post a Comment